Pahami tips mengerjakan soal SKD CPNS berikut ini

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 telah sampai pada tahap pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Penyelenggaraan tes SKD secara perdana dilaksanakan mulai pada tanggal 27 Januari 2020. Tes rencananya akan dilangsungkan selama sebulan, yaitu hingga tanggal 28 Februari 2020.

Berbagai cara dilakukan peserta CPNS untuk dapat lulus pada seleksi tahun ini. Peserta mempersiapkan materi sebaik mungkin agar dapat mengerjakan tes dengan lancar. Persiapan juga dilakukan dengan cara menjaga kesehatan agar tetap prima hingga hari pelaksanaan tes SKD.

Nah kali ini, ecpns.com akan memberikan tips-tips mengerjakan tes SKD supaya kesempatan untuk lolos semakin besar. Penasaran apa saja tips dari kami? SImak informasi berikut ini.

1. Pastikan untuk mengerjakan soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu.

Ini penting sekali untuk diingat. Selama pengerjaan tes SKD, peserta diberikan waktu yang terbatas. Sehingga membuang-buang waktu pada soal yang sulit sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Ini dilakukan mengingat skor dari setiap soal adalah sama besar. Terlebih, tidak ada kewajiban untuk peserta mengerjakan soal secara berurutan. Jadi, jika kamu menemui soal yang dirasa cukup sulit, jangan panik. Tandai soal yang sulit, lalu lewati terlebih dahulu soal tersebut, untuk mengerjakan soal lain yang lebih mudah.

2. Tetap tenang dan fokus dalam mengerjakan soal.

Tetap konsentrasi dalam mengerjakan soal yang ada di hadapanmu. Jangan menengok ke sebelah kanan, kiri, depan, maupun belakangmu. Melihat seberapa banyak soal yang sudah orang lain kerjakan juga tidak disarankan, karena itu hanya akan membuat kamu tidak fokus dan down. Ingat sekali lagi bahwa waktu yang diberikan sangat terbatas.

3. Perhatikan jenis soal yang diteskan.

Pastikan untuk mengerjakan tes secara proporsional. Jangan hanya fokus pada salah satu jenis soal saja. Ketentuan lulus atau tidaknya pada tes SKD ini didasarkan pada skor di setiap jenis tes. Adapun tes yang diujikan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu TWK (Tes Wawasan kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Setiap jenis tes yang diujikan memiliki skor minimal atau passing grade-nya masing-masing. Peserta pun diharuskan untuk dapat memenuhi skor tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu dapat membaca ketentuan passing grade pada SKD CPNS tahun 2020 ini.

4. Untuk TWK, pastikan untuk menguasai Pancasila serta UUD 1945 dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menemukan jawabannya, pahami terlebih dahulu garis besar dari soal yang diberikan. Lalu terapkan nilai-nilai Pancasila maupun UUD 1945 yang sesuai dengan permasalahan yang ada.

5. Untuk TIU, memang diperlukan latihan soal yang cukup. Pelajari berbagai macam tipe soal untuk mempermudah kamu dalam mengerjakan tes SKD. Baca dan lihat dengan jeli soal yang diberikan. Jika memang terdapat soal yang sulit dan membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama, kamu dapat melewatinya terlebih dahulu.

6. Untuk TKP, posisikan dirimu sebagai seorang ASN. Dengan sudut pandang ASN, apa yang akan kamu lakukan? Biasanya peserta akan diberikan sebuah contoh kasus, dan hal apa yang harus kamu lakukan. Nah, agar dapat memperoleh skor yang maksimal, bayangkan bahwa kamu adalah seorang ASN.

7. Periksa kembali hasil pekerjaanmu sebelum menyerahkan (submit) jawaban.

Sisakan waktu untuk mengecek jawabanmu kembali setidaknya 5-10 menit. Ini berguna untuk meminimalisir kesalahan dalam menjawab soal. Kalaupun memang kamu dapat menyelesaikan soal dengan waktu yang masih tersisa, lebih baik gunakan waktu (beberapa menit terakhir) tersebut untuk mengecek jawabanmu kembali.


Nah itu dia tips yang dapat kami berikan agar kesempatanmu untuk lolos SKD lebih besar. Kemudian yang terakhir dan tak boleh dilupakan adalah berdoa pada Tuhan YME sebelum kamu mengerjakan soal. Yang penting pula, tetap tenang dan jangan mudah panik saat mengerjakan soal, ya.

Leave a Comment